SDPPI BERENCANA MEWAJIBKAN HASIL UJI SAR, BERIKUT HASIL FORUM DISKUSI BERSAMA BBPPT

05 Juli 2023 – BBPPT meningkatkan pengujian layanan perangkat telekomunikasi melalui forum diskusi di IPB International Convention Center, dengan fokus pada peningkatan layanan dan informasi tambahan laporan uji yang wajib dilampirkan.

Kepala BBPPT, Syaharuddin, menyatakan bahwa peningkatan layanan pengujian perangkat telekomunikasi bertujuan memastikan keamanan, keselamatan, dan kesehatan masyarakat.

Berita mengenai alat telekomunikasi yang berpotensi membahayakan pengguna mendorong perluasan pengujian perangkat untuk menjamin keamanan, keselamatan, dan kesehatan pengguna.

Baca Juga : Mengapa Perangkat Telekomunikasi Perlu Diuji dan Disertifikasi?

BBPPT gelar forum diskusi offline dan online melibatkan produsen, distributor, importir, dan entitas terkait uji perangkat telekomunikasi.

BBPPT perbarui layanan uji perangkat telekomunikasi lewat SKM dengan fokus pada 4 indikator: waktu penyelesaian, persyaratan, prosedur/alur pelayanan, dan sarana/prasarana.

Forum diskusi hasilkan peningkatan layanan dari registrasi hingga publikasi LHU. Usul tambah notifikasi WhatsApp/email di SIMPEL untuk setiap proses pengujian.

Pada Desember 2023, SDPPI rencana wajibkan produsen ponsel lampirkan hasil uji SAR pada produk.

Secara bertahap, aturan serupa mungkin akan diterapkan pada produk lain seperti laptop, smartwatch, smartband, dan perangkat telekomunikasi lain yang digunakan dekat dengan tubuh manusia.

Meskipun Indonesia belum memiliki laboratorium untuk pengujian SAR, BBPPT berencana membangun laboratorium uji SAR pada tahun 2024 untuk menilai keamanan perangkat yang dapat berdampak pada kesehatan masyarakat. Upaya ini sejalan dengan upaya pembentukan regulasi terkait uji SAR.

Mewujudkan rencana pembangunan untuk hasil yang lebih baik ini tentu saja tidak mudah dan memerlukan waktu. Oleh karena itu, seluruh masyarakat Indonesia perlu memberikan dukungan agar rencana ini dapat dilaksanakan dengan baik.

Jika Anda membutuhkan Jasa Sertifikasi Persetujuan Jenis (Type Approval) Postel / SDPPI atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu, Anda dapat menghubungi kami di:

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah logo-whatsapp-business-png-18.webp

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *