Apa itu RFID dan NFC?

Di era yang serba digital ini, Anda pasti sudah tidak asing mendengar istilah NFC yang saat ini sudah banyak tersemat diberbagai device terutama smartphone. Atau mungkin Anda sudah tidak asing ketika ke hotel melihat pembuka kunci ruangan yang menggunakan kartu. Teknologi tersebut biasa menggunakan RFID. RFID dan NFC adalah dua teknologi yang mirip namun berbeda lho.

Sebelum membahas persamaan dan perbedaannya, mari kita kenalan dengan NFC dan RFID terlebih dahulu. Radio Frequency Identification (RFID) adalah perangkat elektronik kecil yang terdiri atas chip dan antena. Sedangkan Near Field Communication (NFC) merupakan suatu inovasi teknologi yang dapat melakukan transfer data dari satu perangkat ke perangkat lain.

NFC dan RFID adalah dua teknologi yang memungkinkan pertukaran data antar perangkat. Lalu, apa saja persamaan dan perbedaan NFC dan RFID?

PERSAMAAN RFID dan NFC

Persamaan diantara keduanya yang paling menonjol ialah dalam hal penggunaan frekuensi radio untuk komunikasi nirkabel yang biasanya beroperasi di frekuensi yang sama, yaitu 13,56 MHz. Selain itu, persamaan lainnya ialah : 

  1. Identifikasi nirkabel : Kedua teknologi ini digunakan untuk identifikasi nirkabel dan komunikasi antara perangkat atau tag dan pembaca (reader).
  2. Menggunakan tag : Baik RFID maupun NFC menggunakan tag atau label untuk menyimpan informasi yang dapat dibaca oleh pembaca. Tag RFID atau perangkat NFC ini dapat diaplikasikan pada berbagai objek seperti produk, kartu, atau perangkat lainnya.
  3. Teknologi contactless : Kedua teknologi ini adalah teknologi “tanpa kontak,” yang berarti komunikasi dapat terjadi tanpa perlu kontak fisik yang langsung antara tag dan pembaca. Ini memberikan kenyamanan dalam banyak aplikasi seperti pembayaran, tiket transportasi, dan pengendalian akses.
  4. Basis standar internasional : Keduanya memiliki standar yang ditetapkan oleh organisasi internasional, seperti ISO (International Organization for Standardization) untuk RFID dan NFC Forum untuk NFC. Ini membantu memastikan interoperabilitas dan konsistensi dalam penggunaan teknologi ini.

Baca Juga : Teknologi RF dan Wireless

PERBEDAAN RFID dan NFC

Adapun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan

  1. Prinsip Kerja

NFC : NFC memiliki prinsip kerja seperti Bluetooth dan WLAN. Ia tidak membutuhkan reader khusus untuk membaca data (two way).

RFID : RFID akan bekerja apabila terdapat tag (label) dan pembaca (reader). Tag RFID mengandung informasi yang dapat dibaca oleh pembaca ketika berada dalam jarak tertentu

  1. Jarak Komunikasi

NFC : NFC didesain untuk komunikasi yang sangat dekat, biasanya <10cm. Hal ini memastikan keamanan dalam komunikasi data dan digunakan dalam aplikasi yang memerlukan identifikasi fisik yang sangat dekat, seperti pembayaran tanpa kontak.

RFID : RFID memiliki jarak komunikasi yang lebih besar daripada NFC. Biasanya berkisar antara 25-100m, tergantung pada frekuensi yang digunakan.

  1. Aplikasi

NFC : NFC banyak digunakan dalam pembayaran digital, transfer data antar perangkat, dan tiket transportasi umum.

RFID : Digunakan dalam berbagai aplikasi seperti manajemen rantai pasokan, pelacakan inventaris, pengendalian akses ke gedung atau area tertentu, dan bahkan dalam pembacaan kartu kredit di mesin pembayaran.

Baca Juga : Standar Pengujian Short Range Device Frekuensi untuk Sertifikasi SDPPI

Karena pada prinsipnya kedua teknologi ini menggunakan radio frekuensi, maka keduanya perlu disertifikasi demi menjaga interoperabilitas, mematuhi standar dan  ketentuan hukum yang berlaku, serta menjamin perlindungan konsumen.

Jika Anda membutuhkan Jasa Sertifikasi Persetujuan Jenis (Type Approval) Postel / SDPPI atau ingin berkonsultasi terlebih dulu, Anda dapat menghubungi kami di:

This image has an empty alt attribute; its file name is logo-whatsapp-business-png-18.webp

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *