Di era modern ini, semua kegiatan manusia yang berkaitan dengan alat dan Perangkat Telekomunikasi Belum Bersertifikasi, terdapat banyak jenis dan merk perangkat alat telekomunikasi di Indonesia yang sudah dipasarkan. Namun, banyak dari perangkat tersebut yang belum tersertifikasi dan bersifat ilegal untuk digunakan oleh masyarakat.

Baca Juga : Acuan Dalam Melaksanakan Pengujian Alat/Perangkat Telekomunikasi

Jika perangkat tersebut tetap dipasarkan dan digunakan oleh masyarakat, perangkat tersebut akan memberikan dampak terhadap jaringan yang berada disekitarnya. Menurut Ismail, penggunaan spektrum frekuensi radio yang tidak sesuai dengan peruntukannya dan perangkat alat telekomunikasi yang tidak bersertifikasi dapat membahayakan keselamatan jiwa manusia.

Contoh dampak menggunakan perangkat telekomunikasi yang belum bersertifikasi :

  • Frekuensi Perangkat yang belum tersertifikasi dapat menyebabkan nirfungsi pada frekuensi radio peringatan bencana saat terjadi bencana alam.
  • Mengganggu jaringan frekuensi yang sudah ada di Indonesia (Jaringan Lemot, Eror, DLL).
  • Perangkat harus bersertifikasi agar memastikan aman digunakan dan menjaga perangkat yang beredar di Indonesia.

Berikut itulah dampak menggunakan perangkat alat telekomunikasi yang belum bersertifikasi pada lingkungan sekitar dan masyarakat (konsumen).

Baca Juga : Tujuan Pengujian RF, Safety dan EMC Pada Perangkat 

Jika kamu merupakan produsen, distributor, importir, laboratorium, atau entitas lain yang ingin mendistribusikan perangkat telekomunikasi dan ingin melakukan sertifikasi di Indonesia kamu dapat menghubungi kami di kontak berikut :


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *