Pada tanggal 18 Januari 2024, BBPPT mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis di Avenzel Hotel Cibubur. Selain itu, acara tersebut berlangsung lancar dan diikuti oleh banyak peserta, baik secara langsung maupun daring.

LAYANAN PENGUJIAN PERANGKAT/ALAT TELEKOMUNIKASI OLEH BBPPT

Dalam sosialisasi tersebut, BBPPT memaparkan petunjuk pelaksanaan pengujian perangkat dan/atau alat telekomunikasi. Selain itu, BBPPT menjelaskan bahwa terdapat 2 layanan pengujian yang dapat dilakukan, yaitu pengujian laboratorium (in house test) dan pengujian lapangan (on site).

Dalam alur pengujian, baik pada pengujian laboratorium (in house test) maupun pengujian lapangan (on site), kini pihak berwenang telah menghapus fungsi verifikasi. Sebagai langkah proaktif, hal ini dilakukan untuk mengurangi biaya dan mempercepat proses pengujian. Sebagai gantinya, aplikasi diberikan waktu 10 hari untuk mengatur ulang barang uji atau 5 hari untuk melakukan perbaikan/penggantian barang uji.

Karena fungsi verifikasi telah dihapus, kami berharap tim teknisi hadir selama pengujian baik secara langsung maupun daring. Selain itu, hal ini bertujuan agar kendala yang mungkin muncul selama pengujian dapat segera diatasi.

Baca Juga : SDPPI MEWAJIBKAN PENGUJIAN EMC FULL PARAMETER

Mengenai durasi Layanan Pengujian Perangkat oleh BBPPT, BBPPT menjelaskan bahwa waktu yang sebelumnya memakan 17 hari kerja, kini dipersingkat dengan membagi waktu pengujian menjadi cluster berdasarkan fungsi alat/perangkat telekomunikasi.

SIMPEL INTEGRASI DENGAN SERTIFIKASI NEXT GEN

Integrasi SIMPEL dan Sertifikasi Next Gen bertujuan untuk menyediakan layanan satu pintu yang memudahkan pemohon dalam mengirimkan dokumen pengajuan sertifikasi SDPPI. Dalam penerapannya, aplikan hanya perlu membuka aplikasi Sertifikasi Next Gen, kemudian mengklik ‘Ya’ pada menu ‘Memilih data dari BBPPT’, sehingga semua data yang sudah diisi pada awal pengisian data uji akan otomatis terisi. Dengan demikian, aplikasi hanya perlu melengkapi data yang masih kosong.

RENCANA PENGUJIAN SAR

Pengujian SAR yang awalnya direncanakan pada 1 Desember 2023, kini diundur karena laboratorium masih dalam tahap evaluasi dan persiapan. Saat ini, tanggal pasti pengujian SAR di BBPPT belum ditentukan. Pengujian fitur SAR direncanakan akan dilaksanakan selama 15 hari kerja dalam pengujian cluster.

Baca Juga : DESEMBER 2023, PENGUJIAN SAR SIAP DILAKSANAKAN

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Terima kasih.

Jika Anda membutuhkan Jasa Sertifikasi Persetujuan Jenis (Type Approval) Postel / SDPPI atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu, Anda dapat menghubungi kami di:


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *