Industri mainan anak-anak saat ini telah banyak memanfaatkan fitur telekomunikasi seperti remote control dan Bluetooth. Produk mainan anak-anak ini tidak hanya harus aman bagi mereka tetapi juga harus mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia. Salah satunya yaitu ketentuan sertifikasi Postel SDPPI untuk perangkat dengan daya pancar rendah (Low Power).

Ketentuan Sertifikasi Postel SDPPI untuk Mainan Anak-Anak

Menurut Pasal 7 ayat 4 Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2024 tentang Sertifikasi Alat Telekomunikasi dan/atau Perangkat Telekomunikasi menyatakan bahwa:

Sertifikat untuk alat dan/atau perangkat lain yang memiliki fitur Telekomunikasi yang menggunakan daya pancar di bawah 10 mW (milliWatt) serta hanya memiliki 1 (satu)

fitur Telekomunikasi yang sama dapat berlaku untuk lebih dari 1 (satu) varian sepanjang memiliki: 

  1. Merek dan tipe alat dan/atau perangkat lain yang sama; dan 
  2. Merek dan Tipe Alat Telekomunikasi dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang sama. 

Setiap alat atau perangkat telekomunikasi dengan daya pancar rendah (Low Power) bisa melakukan satu sertifikasi SDPPI Postel untuk semua seri perangkat khususnya untuk produk mainan anak-anak seperti mobil remote control, helikopter remote control, dan berbagai mainan anak-anak dengan fitur telekomunikasi dengan daya pancar rendah (Daya Rendah).

Ketentuan berlakunya 1 (satu) sertifikat SDPPI Postel untuk semua series ini yaitu apabila:

  • Merek dan tipe alat yang sama: semua varian harus berasal dari merek dan tipe alat yang sama agar sertifikasi dapat berlaku untuk semuanya.
  • Merek dan tipe perangkat telekomunikasi yang sama: fitur telekomunikasi yang ada pada perangkat harus serupa baik dalam merek maupun tipe.
Manfaat Bagi Produsen Mainan

Ketentuan ini memberikan kemudahan bagi produsen mainan untuk proses sertifikasi Postel SDPPI. Hanya dengan satu sertifikat Postel SDPPI, produsen dapat menikmati berbagai varian produk dengan spesifikasi serupa. Contoh produk mainan anak-anak yang berlaku 1 (satu) sertifikat untuk semua varian yaitu:

  • Kontrol jarak jauh mobil
  • Kontrol jarak jauh helikopter
  • Mainan dengan fitur Telekomunikasi daya pancar rendah
      Mengapa Sertifikasi Postel SDPPI Penting?

      Jika Anda adalah produsen atau importir mainan anak-anak dengan fitur telekomunikasi, pastikan untuk melakukan sertifikasi Postel SDPPI sebelum meluncurkan produk Anda di pasar Indonesia. Produk tanpa sertifikasi tidak akan dapat dipasarkan di Indonesia karena pemantauan secara rutin oleh Kementrian Indonesia.

      Hubungi Cerapproval untuk Jasa Sertifikasi SDPPI Postel

      Anda butuh jasa sertifikasi Postel SDPPI, SNI, TKDN terpercaya dan jaminan lolos 100%? Hubungi Ceraproval sekarang juga!

      • Whatsapp : +62 899-3300-033
      • Surel : cs@cerapproval.com
      • Wechat : Persetujuan
      • Situs web : www.cerapproval.com

      Cerapproval – Mitra Tepercaya Anda dalam Sertifikasi!


      0 Comments

      Leave a Reply

      Avatar placeholder

      Your email address will not be published. Required fields are marked *